Enter your keyword

Latar Belakang

Quality control

Quality control dalam arti luas merupakan proses atau tindakan yang diambil untuk menjamin hasil pemeriksaan yang baik dan terpercaya. Hasil  pemeriksaan  yang  dihasilkan dari  laboratorium harus dapat dipertanggung jawabkan dengan melalui serangkaian proses yang sistematis untuk mengurangi setiap kemungkinan terjadinya kekeliruan dan meminimalisasi setiap kesalahan yang terjadi dalam proses analisis. Suatu pemantapan mutu/quality control diperlukan dalam upaya mencapai tujuan laboratorium klinik, yakni tercapainya pemeriksaan yang bermutu dngan hasil yang benar valid diperlukan strategi dan perencanaan manajemen mutu.

diagnosis invitro

Laboratorium klinik sebagai subsistem pelayanan kesehatan menempati posisi penting dalam diagnosis invitro. Setidaknya terdapat 5 alasan penting perlunya dilakukan pemeriksaan laboratorium yaitu  sebagai skrining, diagnosis, progresifitas penyakit, monitor pengobatan dan prognosis penyakit. Setiap laboratorium harus dapat memberikan data hasil tes yang teliti, cepat dan tepat. Hasil tersebut dapat diberikan dengan adanya pelaksnaaan pemantapan mutu internal/PMI dan pemantapan mutu eksternal/PME.

Peningkatan kualitas

Peningkatan kualitas praktisi laboratorium khususnya bidang hematologi dan kimia klinik dan memenuhi kebutuhan keilmuan mengenai pemantapan mutu internal laboratorium maka akan diadakan suatu workshop quality control dengan tema “LABORATORY QUALITY CONTROL IN HEMATOLOGY AND CLINICAL  CHEMISTRY IN DAILY PRACTICE”. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat memahami konsep quality control serta menerapkannya dalam ruang lingkup pekerjaan untuk memenuhi harapan konsumen dalam upaya meningkatkan daya saing di bidang laboratorium.