Enter your keyword

SEJARAH TERBENTUKNYA PERSATUAN DOKTER SPESIALIS PATOLOGI KLINIK CABANG BANDA ACEH

SEJARAH TERBENTUKNYA PERSATUAN DOKTER SPESIALIS PATOLOGI KLINIK CABANG BANDA ACEH

SEJARAH TERBENTUKNYA PERSATUAN DOKTER SPESIALIS PATOLOGI KLINIK CABANG BANDA ACEH

Assalamualaikum wr.wb

Salam sejawat

Aceh adalah sebuah provinsi di Indonesia yang beribukota Banda Aceh. Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Jumlah penduduk provinsi ini sekitar 4.500.000 jiwa. Letaknya dekat dengan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India dan terpisahkan oleh Laut Andaman. Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah barat, Selat Malaka di sebelah timur, dan Sumatera Utara di sebelah tenggara dan selatan.

Sebelum tsunami menghantam pantai-pantai pesisir, Aceh hanya memiliki dokter spesialis patologi klinik yang berasal dari luar pulau sumatera. Mereka adalah peserta didik spesialis yang ditugaskan ke daerah-daerah untuk pengabdiannya. Kecuali dr. Harwita SpPK yang sewaktu masa pendidikannya sempat mengabdi di kota langsa (dahulu aceh timur) adalah putri aceh yang bertugas melanjutkan Pendidikan di rumah sakit H. Adam Malik Medan/ departemen patologi klinik universitas sumatera utara. Dan bertugas di RSUP Zainal Abiddin sejak tahun 1996.
Aceh adalah daratan yang paling dekat dengan episentrum gempa bumi Samudra Hindia 2004. Setelah gempa, gelombang tsunami menerjang sebagian besar pesisir barat provinsi ini. Sekitar 170.000 orang tewas atau hilang akibat bencana tersebut.
Setelah tsunami, RSUD Zainal Abiddin bangkit dan menata semua departemen di RSUD tersebut dan merekrut beberapa dokter spesialis patologi klinik yang menyelesaikan pendidikan sebagai staf pengajar. Disebabkan keterbatasan jumlah spesialis patologi klinik pada tanggal 27 Mei 2012 baru dibentuk Persatuan Dokter Spesialis Patologi Klinik cabang Banda Aceh yang terdiri dari:
Ketua               : dr. Harwita, SpPK
Sekretaris        : dr. Ridwan Ibrahim, SpPK
Bendahara      : dr. Desiana, SpPK
Seksi ilmiah   : dr.Bukhari, SpPK
Pelantikan pengurus ini dilangsungkan bersamaan dengan seminar sehari “hemostasis dan thalassemia up date” Pelantikan ini di lakukan oleh ketua umum PDS Pusat dr.Lia G. Partakusuma, SpPK (K), MM. Satu tahun kemudian (2016) PDS PatKLin cabang Banda Aceh telah menyelenggarakan  PBPK IV ( Pendidikan Berkesinambungan Patologi Klinik ). Dan dengan total spesialis patologi klinik 10 (sepuluh) orang terdiri dari  Dr. Husna, SpPK. Dr. Cut murzalina, SpPK, Dr. Nurleily, SpPK, dr. Yuli  Sartika Eka,SpPK dan dr. Mauluddin, SpPK  berusaha menutupi  kekurangan dokter spesialis diseluruh Aceh. Peserta PBPK IV merupakan dokter spesialis dan peserta didik yang berasal dari luar Aceh . Para pembicara dari seluruh cabang patologi klinik di seluruh Indonesia. Pelantikan ini di lakukan oleh ketua umum PDS Pusat dr.Lia G. Partakusuma, SpPK (K), MM .
Demikianlah sejarah PDS PatKlin Aceh yang dapat kami paparkan.
Semoga PDS PatKlin dapat terus menjadi besar
Terimakasih

Salam Sejawat

 

Salam Sejawat, Wassalamualaikum. wr.wb

 

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.